Saturday, April 6, 2019

Tanda-Tanda Kehamilan



Gejala kehamilan itu kayak mau menstruasi
Waktu itu, aku lagi liburan ke Thailand sama suamiku. Saat itu usia kandunganku 1 minggu tapi kami sama sekali gak tahu kalau aku udah hamil. Badan rasanya gampang capek, gampang haus, perut agak-agak kram, badan khususnya pinggang pegel-pegel, dan mood swing kayak PMS. Saat itu aku mikir kalau aku bakalan datang bulan sebentar lagi, dan rasa pegal dan kecapean aku paling-paling karena aku kebanyakan jalan karena lagi traveling.

Payudara sakit / sensitif
Kalau mau menstruasi, banyak wanita yang merasakan payudaranya terasa bengkak, puting lebih sensitif atau bahkan teksturnya halus. Aku kalau mau menstruasi gak mengalami ini, tapi pas awal kehamilan, aku merasakan ini. Terutama puting, ga sengaja kesentuh aja agak-agak nyeri.

Mulut rasanya pahit seperti rasa logam
Aku gak mengalami ini, tapi beberapa orang khususnya yang punya penyakit maag akan merasakan ini. Mamaku salah satunya. Dia bilang bahwa mulutnya gak enak banget, pengen ngeludah terus karena pahit kayak ngemut logam hahaha....

Sedikit pendarahan/flek
Aku gak mengalami ini tapi beberapa orang ada yang seperti ini, dan jangan khawatir katanya normal kok. Jadi, di celana dalamnya ada bercak darah atau flek, beberapa ada yang sedikit pendarahan tapi menstruasi tidak kunjung datang.

Keputihan agak berlebih
Lagi-lagi saat itu aku berfikir bahwa aku sebentar lagi akan datang bulan, jadi aku cuek aja saat aku keputihan. Baru aku sadari ternyata gejalan kehamilan itu adalah keputihan yang agak berlebihan tapi teksturnya cenderung agak cair, tidak kental, bahkan bisa 'ngerembes' ke celana dalam.

Jerawatan
Muka aku sebenernya memang mudah sekali berjerawat, tapi pada saat gejala kehamilan, mukaku di bagian jidat terlihat agak bruntusan dan tidak mulus. Mukaku juga agak berubah jadi agak jelekan hahahha.

Beser / pipis-pipis terus
Kalau kalian dikit-dikit pengen pipis, wah bisa pertanda nih, apalagi kalau kalian bukan tipe orang yang beser sebelumnya. Orang yang hamil muda bisa pipis 7 - 10x, bahkan malam bisa sampai terbangun untuk pipis. Hal ini terjadi karena si calon bayi sedang tumbuh dan menekan-nekan kandung kemih kita.

Mual, dan masuk angin
Aku mulai mual disaat kandungan memasuki bulan kedua. Jadi ada beberapa orang yang masih cuek dan gak peka kalau dirinya hamil, sampai akhirnya mereka merasakan mual dan masuk angin. Mualnya tuh bener-bener gak nyaman banget, pengen ciumin minyak kayu putih aja dan rebahan di kasur. Mager ke mana-mana dan mood jelek banget. Laper sih laper tapi males banget buat makan apalagi nyium bau makanan.....

Kapan harus menggunakan test pack?
Kalau kalian merasakan tanda-tanda ini, kalian boleh langsung tes kehamilan pakai test pack. Gunakannya pas baru bangun tidur ya. Pas kalian belum minum/makan apapun dan belum pipis di hari itu. Jadi tes lah di pipis pertama di pagi hari. Setelah aku googling 10-12 hari setelah berhubungan, sudah bisa pakai alat test pack. Kalau hasilnya masih negatif, coba 3 hari lagi pakai merek berbeda. 

Sekedar informasi, kalau usia kandungan kalian masih dibawah 4 minggu, dan kalian ingin melakukan USG, ada lho beberapa dokter / RS yang tega-teganya bilang "Oh ini belum hamil, belum ada tuh kantongnya...", karena si bayi masih sangat kecil dan belum terdeteksi di USG, padahal hasil test pack di rumah sudah garis 2. Saranku lebih baik kalian pakai test pack berkali-kali sampai hasilnya udah gak samar lagi. Bener-bener 2 garis merah jelas banget, baru kalian cek ke dokter.

No comments:

Post a Comment