Wednesday, April 10, 2019

Melawan Baby Blues



Baby blues adalah perasaan emosional di hari-hari setelah bayi lahir. Perasaan ini bisa membuat mommies gampang ngerasa sedih, nangis, kecewa, kesel, marah, bahkan yang lebih parahnya lagi muncul perasaan pengen nyakitin bayinya sendiri!


Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk melawan baby blues


Bukan hanya kamu kok yang ngerasain CAPEK

Semua perempuan yang habis melahirkan, pasti harus begadang ngurusin new born baby nya. Karena gak ada bayi yang baru lahir yang gak nangis melulu. Gak ada bayi yang gak nangis karena haus/ laper, gak ada bayi yang gak nangis karena popoknya basah...


Stop ngeluh “gue capek, gue gak tidur, gue begadang, puting gue sakit, badan gue pegel-pegel”, heloooowww semua mama juga begitu keleus... Kalau gak mau ngerasain itu semua, gak usah jadi mama!


Di luar sana BANYAK yang pengen ngerasain jadi kamu tapi mereka gak bisa.....

Bersyukurlah kalian yang tidurnya keganggu gara-gara tangisan bayi,
Bersyukurlah kalian bisa menyusui, memeluk, menggendong, mencium, dan merawat bayi kalian yang sehat dan lucu, sedangkan di luar sana banyak sekali perempuan-perempuan yang belum dikasih

anak..... 


Mereka pengen tidurnya keganggu, mereka pengen ngerasain menyusui, mereka pengen ngerawat dan memiliki bayi, dan mereka pengen jadi KAMU, tapi Allah belum mengizinkan mereka untuk punya anak. Jadi, bersyukurlah....

STOP berfikir bahwa baby blues adalah hal yang wajar

“Gue marah-marah karena baby blues”
“Gue nangis begini karena baby blues”
“Gue gak mau nyusuin anak gue karena baby blues”
“Gue males begini begitu karena baby blues”
“Gue sedih mulu karena baby blues”
“Wajar dong gue begini karena gue kan baby blues”
Gak semua perempuan yang baru ngelahirin itu ngerasain baby blues. Terkadang baby blues itu dibikin-bikin karena merasa itu adalah perasaan yang wajar, dan jadi alesan untuk kalian untuk minta dikasihani atau dimaklumi. 

"Gue suka ngerasa sendirian dan kesepian karena gak ada yang bantuin gue ngerawat bayi", lagi-lagi itu alesan! Aku LDR sama suami, tapi gak ngerasa kesepian atau baby blues kok. Daripada berfikir bahwa baby blues itu wajar, aku selalu berfikir bahwa “gue gak baby blues tuh” sebagai suatu kebanggaan :)



Dilawan! Jangan di pelihara!
Ada perasaan yang muncul dikala baru ngelahirin seperti gak mau nyusuin anak, benci sama anak sendiri, dan bahkan pengen nyakitin anak. Dilawan ya perasaan-perasaan itu, karena itu perbuatan yang salah BUKAN perbuatan yang wajar. Minta bantu suami, mama/papa, kakak, atau mbak di rumah untuk pegang si kecil, sementara kamu nenangin diri dan Istigfar. Menjauh sejenak dari si kecil kemudian ngucap "gue gak baby blues, gue gak baby blues" berkali-kali.


Menikmati moment menjadi new mama

Suatu saat kalian bakal kangen kebangun malem-malem buat nyusuin dan ganti popok si kecil. Nikmatilah. Masa-masa itu singkat banget lho. Kurang dari 3 bulan aja. Setelah itu Insha Allah tidur kalian normal lagi.

Best moment untuk bounding sama si kecil dan bersyukur
Pada saat menyusui si kecil malem-malem, liat matanya, dekap badannya, usap kepala dan pipinya, main-mainin tangan/ kaki kecilnya. Sembari melakukan itu semua, berdoalah sejenak kepada Allah dan bersyukurlah kepada NYA karena kalian bisa memilikinya sebagai anak kalian.... Ini waktu yang tepat juga untuk kalian lebih dekat sama si kecil di saat semua orang tidur.

Ikhlas
Kalau kalian ikhlas ngurusin si kecil, Insha Allah gak akan ngerasa berat. Insha Allah kalian bakal ngelakuinnya dengan suka cita, gak ngerasain capek atau kesel, dan gak akan ngerasa gak adil karena suami gak ikut bantuin.



Belajarlah menerima keadaan. "Ya udah lah tidur gue keganggu, begadang, capek, pegel, puting sakit.... Namanya juga ngurusin new born....." 


Karena aku LDR sama suami, sebulan setelah ngelahirin, aku ngurusin anakku sendiri. Aku kebangun-bangun tengah malem sendirian, gak ada suami, gak di bantu mamapapaku, dan gak pake baby sitter.



Apakah aku baby blues? Alhamdulillah engga.
Apakah aku pernah ngomel ke suami aku karena dia gak ikut ngerasain capek? Alhamdulillah engga.
Aku sangat-sangat ikhlas ngejalanin nya, dan GAK PERNAH sedikitpun ngerasa suami aku gak bertanggung jawab sama aku dan Lava anakku.



Jadi, kalau kalian masih ngerasa baby blues padahal suami kalian tinggal satu rumah sama kalian,  duh please deh......



Ayo lawan baby blues dengan bersyukur bersyukur bersyukur dan ikhlas ikhlas ikhlas....

No comments:

Post a Comment